Komputer, seperti setiap bagian lain dari peralatan elektronik, membutuhkan perawatan khusus dan perhatian dalam rangka untuk melakukan dengan benar dan aman. Ada beberapa tugas khusus seperti defragmenting, scanning dan memformat yang ahli komputer dapat lakukan untuk menjaga sistem internal dari sebuah komputer bekerja dengan baik. Namun, kami akan meninggalkan tugas-tugas ini kepada para ahli untuk saat ini dan berkonsentrasi pada beberapa lakukan setiap hari dan tidak boleh dilakukan bahwa setiap pengguna komputer harus tahu.

Sebuah Mesin Bersih

Hal ini mungkin tampak seperti sebuah topik yang sederhana, tetapi komputer memerlukan pembersih khusus, bahkan di luar. Menjaga sistem anda bebas dari debu, kotoran dan cairan adalah langkah pertama untuk perawatan komputer. Panduan pengguna sistem anda adalah tempat terbaik untuk mencari informasi tentang cara membersihkan komponen luar Anda, tapi di sini ada beberapa tips umum yang Anda harus selalu ingat:
  • Jangan semprot layar monitor Anda (atau komponen komputer lainnya) dengan pembersih kaca. Sebaliknya, semprot kain-bebas serat ringan dengan pembersih kaca, kemudian membersihkan layar. Pastikan untuk memegang kain jauh dari komputer saat penyemprotan.
  • Komponen komputer harus disimpan sebagai debu-bebas mungkin.
  • Udara kalengan atau kecil komputer khusus pembersih vakum adalah cara terbaik untuk membersihkan keyboard, ventilasi komputer kasus, atau sekitar bukaan disk drive.
  • Bola karet di bagian bawah mouse mungkin perlu dibersihkan sesekali. Jika mouse tidak melakukan dengan benar, periksa panduan pengguna Anda untuk arah pembersihan.
  • Jangan pernah mencoba untuk melepaskan penutup pada komputer Anda untuk membersihkan bagian dalam. Sebaliknya, bawa ke teknisi servis resmi untuk pembersihan.
  • Jauhkan semua cairan dan makanan jauh dari komputer Anda. Cairan dan remah-remah makanan yang dapat merusak sirkuit listrik yang halus. Juga, cairan pencampuran dan komponen elektronik dapat menyebabkan sengatan listrik yang serius!
  • Cuci tangan sebelum menggunakan komputer untuk menghindari "kunci lengket."
  • Bila ragu-ragu tentang cara membersihkan sistem komputer Anda, berkonsultasi dengan panduan manual pengguna Anda atau dukungan teknis.

Sebuah Kemungkinan Mengejutkan

Penting untuk diingat bahwa komputer Anda terhubung ke listrik. Jika Anda memiliki koneksi Internet, yang juga berarti bahwa komputer Anda terhubung ke saluran telepon atau koneksi kabel. Ini juga koneksi konduktif. Itu berarti bahwa petir dapat dilakukan ke komputer Anda melalui koneksi ini. Untuk alasan keamanan, Anda tidak harus menggunakan komputer Anda selama badai.
Banyak pengguna komputer membeli pelindung gelombang untuk melindungi sistem mereka. Pengguna plugs komponen komputer ke dalam pelindung gelombang, maka colokan pelindung arus ke dinding. Sama seperti namanya, pelindung gelombang dirancang untuk melindungi komputer terhadap lonjakan listrik atau petir. Namun, perangkat ini bisa gagal, jadi yang terbaik untuk menjauhi komputer selama badai.
Juga, seperti yang disebutkan sebelumnya, listrik dan cairan tidak campuran. Jauhkan air dan cairan lain yang jauh dari sistem komputer. Ini termasuk minuman, senjata air, mangkuk ikan dan cairan pembersih.

Waspadalah terhadap Virus

Virus dan worm adalah nama untuk komputer-ramah sial program yang sengaja dapat didownload ke dalam sistem Anda. Beberapa hanya gangguan, tetapi yang lain dapat crash sistem anda dan menyebabkan kerusakan tidak dapat diperbaiki. Untuk menghindari makhluk-makhluk jahat, ikuti tips keamanan:
  • Menginstal, menggunakan dan secara teratur memperbarui virus
  • Jangan membuka lampiran e-mail kecuali anda tahu dan percaya orang yang dikirim itu.
  • Jangan menerima download dari situs internet yang tidak Anda kenal dan percaya.
Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang virus dan antivirus utilitas, Check out Zoo Virus di CNet untuk beberapa informasi yang besar!

Hindari maraton Instalasi

Katakanlah bahwa Anda diberi beberapa game komputer baru untuk ulang tahunmu. Atau mungkin orang tua Anda baru saja membeli sebuah sistem baru Anda dan Anda ingin memuat semua game favorit Anda. Apakah Anda duduk dan menginstal semua program yang benar demi satu Tidak!? Ini mungkin menggoda, tapi itu bukan ide yang baik. Kadang-kadang, menginstal sebuah program baru dapat menyebabkan konflik dalam sistem Anda. Konflik-konflik ini perlu bekerja keluar atau program lain harus dihapus sehingga sistem anda akan bekerja dengan benar. Jika Anda menginstal 2 atau lebih program sebelum Anda menyadari ada masalah, maka akan sangat sulit untuk menentukan apa masalahnya dan program mana yang menyebabkannya. Sebaliknya, mencoba menginstal satu program, kemudian menggunakan komputer Anda cukup lama untuk melihat bagaimana sistem Anda merespon instalasi sebelum loading program berikutnya.

Komputasi Aman!

Setelah panduan ini akan membantu Anda untuk merawat sistem komputer Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan banyak dari kenikmatan itu. Ingat, bahwa jika Anda memiliki pertanyaan tentang sistem tertentu, Anda harus memeriksa panduan pengguna Anda atau hubungi dukungan teknis.

0 komentar:

Posting Komentar